Friday 18 March 2011

Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah aktivitas perusahaan termasuk kegiatan Planning, analisis dan pengendalian terhadap kegiatan keungan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.
Meskipun nampak bahwa baik keuangan dan akuntansi memfokuskan perhatian pada aktiva dan pasiva perusahaan, keduanya berbeda dalam hal periode waktu. Salah satu tujuan utamanyaadalah mempertanggung jawabkan apa yang telah terjadi di masa lalu. Misalnya akuntansi membuat neraca untuk menentukan posisi keuangan perusahaan saat ini atau melakukan audit pada laporan keuangan untuk menguji akurasinya.
A.   Tiga bidang keuangan
1.     Keuangan perusahaan
Adalah keuangan yang berhubungan dengan operasi suatu perusahaan dari sudut pandang perusahaan tersebut. Keuangan perusahaan dapat di bagi menjadi dua : sisi aktiva dan sisi pasiva. Sisi aktiva meliputi apa yang di sebut dengan keputusan investasi, sedangkan sisi pasiva meliputi keputusan pendanaan.
2.    Investasi
Adalah bidang keuangan yang juga berhubungan dengan keputusan pendanaan perusahaan, tetapi di lihat dari sudut pandang yang lainbukan dari pihak perusahaan tetapi dari pihak pemberi modal (investor).
3.    Pasar keuangan dan perantara
Adalah berhubungan dengan keputusan pendanaan perusahaan, tapi dari sudut pandang pihak ketiga. Financial market adalah pasar untuk aktiva keuangan seperti sikuritas (surat berharga). Terdiri dari pasar modal (capital market) yaitu pasar untuk sekuritas jangka panjang dan pasar uang (money market) yaitu pasar untuk sekuritas jangka pendek.[1]

B.    KARIR DI BIDANG KEUANGAN
     Pada bidang keuangan perusahaan, anda dapat meniti karirmenjadi manajer keuangan (financial manajer). Manajer keuangan adalah orang bertanggung jawab terhadap pembuatan keputusan keuangan perusahaan (pendanaan dan investasi). Ada dua jabatan eksekutif di bidang keuangan yaitu: bendahara (treasurer) dan pengawas (controller) yang mempunyai fungsi khusus masing-masing.
     Treasurer (bendahara) ialah orang yang bertanggung jawab langsung untuk memperoleh dana, mengelola rekening kas, berhubungan dengan bank dan institusi keuangan lainnya, serta menjamin bahwa perusahaan dapat melinasi kewajibannya kepada investor yang memegang sekuritas (obligasi) perusahaan. Berbeda dengan treasurer yang memiliki tugas pokok mendapatkan dan mengelola dana, sedangkan controller memeriksa apakah dana tersebut telah di gunakan sevara efisien. Controller bertanggung jawab atas penganggaran akuntansi dan audit.

C.    TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN
      Memaksimumkan kemakmuran harga saham atau pemilik perusahaan (wealth of the shareholders). Tujuan normatif ini dapat di wujudkan dengan memaksimumkan nilai perusahaan (market value of the firm) dengan asumsi pemegang saham akan makmur bila kantongnya bertambah tebal.
      Memaksimumkan harga saham tidak sama dengan memaksimumkan keuntungan (profit) perusahaan. Jika sekedar ingin meningkatkan keuntungan perusahaan, manajemen perusahaan dapat menerbitkan saham baru untuk memperoleh tambahan dana yang kemudian diinvestasikan untuk mendapat tambahan keuntungan. Namun, memaksimumkan harga saham juga tidak sama dengan memaksimumkan earnings per share (EPS). Tujuan memaksimumkan EPS pada tahun tertentu dapt mengorbankan EPS pada tahun mendatang.
      Tujuan memaksimumkan EPS dapt membuat manajemen perusahaan melupakan konsep nilai mata uang.

      Menjaga kelangsungan hidup perusahaan (going concern) dan mencapai kesejahteraan masyarakat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan.
FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN
1.     Menetapkan pengalokasian dana (invesment decision)
Ialah keputusan yang di ambil oleh manajer keuangan dalam pengalokasian dana atau menginvestasikan dana tersebut untuk membeli aktiva yang dapat menghasilkan laba di masa yang akan datang. Aktiva yang harus di beli oleh perusahaan ialah aktiva riil dapat berupa aktiva nyata (tangible aset) atau berupa aktiva tidak nyata (intangible). Keputusan investasi itupun di bagi menjadi dua yaitu jangka panjang yang melibatkan pembeliaan aktiva tetap, serta jangka pendek yang melibatkan pembelian aktiva lancar guna untuk mendukung operasi perusahaan.

2.    Memutuskan alternatif pembiayaan (financial decision)
Yaitu keputusan keuangan tentang dari mana ana untuk membeli aktiva tersebut berasal. Ada dua macam dana atau modal : Modal asing, contohnya obligasi , hutang bank, modal sendiri seperti laba di tahan, dan saham. Keputusan dana berjangka panjang akan membawa dampak pada stuktur modal (capital structure) perusahaan. Setruktur modal ialah perbandingan antara modal sendiri dengan hutang (biasanya hutang jangka panjang) perusahaan. Sedangkan contoh dari keputusan pendanaan jangka pendek dapat meliputi hutang jangka pendek seperti hutang wesel dan hutang dagang.[2]

3.    Kebijakan dalam pembagian dividen (dividend decision)
Dividen merupakan bagian dari keuntungan suatu perusahaan yang dibayarkan kepada pemegang saham. Keputusan dividen adalah keputusan manajemen keuangan dalam menentukan besarnya proporsi laba yang akan disimpan diperusahaan sebagai laba ditahan untuk pertumbuhan perusahaan.

FUNGSI PASAR FINANCIAL
·         Pasar financial memiliki fungsi ekonomi yang sangat penting yaitu pengalokasikan dana secara efesien dari pihak yang kelebihan dana (surplus spending unit) kepihak yang membutuhkan dana (deficit spending unit).
Pada proses langsung, pihak yang memberikan dana membeli securitas yang di tawarkan perusahaan misalnya, saham dan obligasi). Pada proses tidak langsung melalui perantara keuangan misalnya bank, rupiah mengalir ke bank, kemudian bank menyalurkan rupiah tersebut perusahaan.
TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN KEUANGAN
      Tugas manajemen keuangan yang paling utama adalah merencanakan pengadaan barang dan penggunaan dana guna memaksimumkan nilai perusahaan. Dengan kata lain menentukan sumber dan penggunaan dana dari beberapa alternatif yang tersedia. Beberapa rincian kegiatan yang menyangkut hal itu adalah :[3]
a.    Peramalan dan perencanaan
b.    Keputusan besar dalam investasi dan pembiayaan sesuai dengan rencana jangka panjang
c.    Pengkoordinasi dan pengendalian
d.    Interaksi dengan pasar modal
Singkatnya, yanggung jawab utama manajer keuangan adalah menyangkut keputusan tentang jenis investasi yang harus dilakukan, cara pembiayaan proyeknya dan cara pengelolaan yang paling efektif atas sumber daya yang ada. Jika tanggung jawab ini dijalankan secara optimal, manajer keuangan akan membantu pemaksimuman nilai perusahaan dan ini juga akan memaksimumkan kesejahterakan jangka panjang dan para pelanggan dan karyawannya.




PRINSIP-PRINSIP KEUANGAN
          Prinsip-prinsip keuangan terdiri atas himpunan pendapat-pendapat yang fundamental yang membentuk dasar untuk teori keuangan dan pembuatan keputusan keuangan;
a.    Prinsip “ self intrest behavior”
Prinsip ini mengatakan “people ect in their own financial self interest”. Inti prinsip ini adalah orang akan memilih tindakan yang memberikan keuntungan (secara keuangan) yang terbaik bagi dirinya.
b.    Prinsip risk aversion”
Prinsip ini mengatakan “when all else is equal, people prefer higher return and lower risk”. Inti prinsip ini adalah orang akan memilih arternatif dengan rasio keuntungan (return) dan risiko terbesar.
c.    Prinsip “diversification”
Prinsip ini mengataan “diversificationis beneficial”. Prinsip ini mengajarkan bahwa tindakan diversifikasi adalah menguntungkan karena dapat meningkatkan rasio keuntungan dan risiko.
d.    Prinsip “ two sided transactions”
Prinsip ini mengatakan “each financial transaction has at least too sides”. Prinsip ini mengingatkan bahwa dalam mempelajari dan membuat keputusan keuangan kita tidak hanya melihat dari sisi kita, tetapi mencoba melihat dari sisi lawan transaksi kita. Tidak semua transaksi keuangan bersifat zero sum game, ada pula transaksi yang bernilai total positif karena kondisinya menang-menang (wine-wine) bukan wine lost (kalah menang).
e.    Prinsip “ incremental benefit”
Prinsip ini mengatakan “ financial decisions are based on incremental benefid”. Prinsip ini mengajarkan bahwa keputusan keuangan harus didasarkan pada selisih antara nilai dengan suatu alternative dan nilai tanpa alternative tersebut.
f.    Prinsip “ signaling”
Prinsip ini mengatakan “ action convey information”. Prinsip ini mengajarkan bahwa tindakan mengandung informasi.
g.    Prinsip “ capital market efficiency”
Prinsip ini mengatakan “ capital market are effeciens”. Capital market atau  pasar modal yang efesien adalah pasar modal dimana harga aktiva financial yang diperjual belikan mencerminkan seluruh informasi yang ada dan dapat menyesuaikan diri secara cepat terhadap informasi baru.
h.    Prinsip “ risk return trade off”
Prinsip ini mengatakan “ there is a trade off between risk and return”. Orang menyukai keuntungan  tinggi dengan risiko rendah.
i.     Prinsip “ option”
Prinsip ini mengatakan “ option is valuable”. Option atau opsi ini adalah suatu hak tanpa kewajiban untuk melakukan sesuatu .
j.     Prinsip “time value of money”
Prinsip ini mengatakan “ time has a time value”. Prinsip ini sederhana mudah dimengerti namun, memainkan peranan penting dalam ilmu keuanagan.











Daftar pustaka:
Atma, Lukas Setia Manajemen Keuangan, Edisi revisi, Jakarta: Andi, 1990









[1] Lukas Setia Atmaja, Manajemen Keuangan, edisi revisi, Penerbit Andi, Jakarta: 1990, hal 2-3
[2][2] Lukas Setia Atmaja, Manajemen Keuangan, edisi revisi, Penerbit Andi, Jakarta: 1990, hal 2-3
[3] Fred Weston Eugens F Brigham, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Jilid 1, Edisi ke 9,terj, Alfonsos sirait, Erlangga, Jakarta< hal 8-9

1 comments:

LEK2PN DIKLAT said...

Info Diklat Sobat....


"BIMTEK ADMINISTRASI KEUANGAN DAN PERENCANAAN BAGI PENGGUNA ANGGARAN PA,PPTK, PPK DAN BENDAHARA"

JADWAL BIMTEK JAKARTA :
Selasa – Rabu, 20 – 21 Oktober 2015
Selasa – Rabu, 3 – 4 November 2015
Selasa – Rabu, 17 – 18 November 2015
Selasa – Rabu, 1 – 2 Desember 2015
Selasa – Rabu, 15 – 16 Desember 2015

JADWAL BIMTEK BANDUNG :
Selasa – Rabu, 27 – 28 Oktober 2015
Selasa – Rabu, 10 – 11 November 2015
Selasa – Rabu, 24 – 25 November 2015
Selasa – Rabu, 8 – 9 Desember 2015
Selasa – Rabu, 22 – 23 Desember 2015

KETERANGAN :
** Khusus Rombongan 15 orang bebas tentukan lokasi bimtek : Bali, Batam, Yogyakarta, Surabaya, Makassar

PERMINTAAN SURAT HUBUNGI:
Telp 021-4306001, 4305959 HP. 0812.9840.1480 / 0812.1853.1904 (PIN BB: 7623F434)

Tema bimtek lainya kunjungi website kami : www.lek2pndiklat.com & www.lek2pn.org

-Terima Kasih atas waktunya sukses selalu-

Post a Comment